Terapi Bermain Origami Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Sekolah Dasar

Penulis

  • Winarsi P Molintao Universitas Pembangunan Indonesia
  • Hardianto Universitas Pembangunan Indonesia
  • Nivindy Universitas Pembangunan Indonesia

Kata Kunci:

Terapi Bermain, Origami, Motorik Halus

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berupaya memecahkan problematika atau permasalahan kompleks yang dihadapi komunitas kelompok tertentu terutama anak usia sekolah. Adapun solusi yang ditawarkan oleh tim PKM dari program ini adalah memberikan terapi bermain origami untuk meningkatkan kemampuan motoric halus anak. Bentuk dari kegiatan ini berupa penyuluhan dosen keperawatan anak dibantu mahasiswa dengan peserta yaitu seluruh anak sekolah yang merupakan responden dalam kegiatan ini sebanyak 26 anak kelas 1 sekolah dasar. Sementara metode pendampingan atau penyuluhan dilakukan oleh Tim Pelaksana kegiatan PKM yang secara terus-menerus dilakukan selama periode program PKM berlangsung dan telah terprogram bekerjasama dengan perawat anak pemegang program di Puskesmas setempat. Dalam pelaksanaan kegiatan PKM ini juga, tim PKM tidak lupa memberikan edukasi-edukasi bagi anak-anak dalam meningkatkan kemampuan motorik halus.. Luaran dari PKM ini berupa laporan serta publikasi artikel sehingga dapat diakses oleh semua orang yang memerlukan literatur dalam bentuk artikel terkait

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-14

Cara Mengutip

Molintao, W. P., Hardianto, & Nivindy. (2023). Terapi Bermain Origami Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MAPALUS, 2(1), 44–49. Diambil dari https://www.e-journal.stikesgunungmaria.ac.id/index.php/jpmm/article/view/52